PROFIL HARSHA PRATALA


Sekilas HP


1. Sejarah Harsha Pratala : 

Berdiri di dalam lingkungan STEKPI (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Keuangan dan Perbankan Indonesia) yang sekarang berkembang menjadi Universitas Trilogi. Harsha pratala merupakan sebuah organisasi dari mahasiswa Universitas Trilogi, didirikan pada tahun 1989 dan STEKPI sendiri baru berdiri pada tahun 1988.
Harsha pratala (biasa disingkat HP) tadinya berawal dari sekelompok mahasiswa yang gemar berjalan jalan di alam bebas mereka rutin mengadakan perjalanan dan pendakian gunung. Setelah sekian lama berlumpul kemudian mereka berfikir untuk menciptakan sebuah wadah untuk menyatukan pikiran sekaligus hobi yang sama.
Maka pada tanggal 8 Agustus 1989, bertempat di Kaldera Bromo berdirilah “Harsha Pratala Stekpi” Harsha Pratala sendiri artinya “Cinta Bumi Beserta Isinya”. Surat keputusan nomer: 021/ket/kpts/III/91 tentang Pengukuhan Unit Kegiatan Mahasiswa Harsha Pratala Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Keuangan dan Perbankan Indonesia. Maka HP segera menjadi unit kegiatan mahasiswa tertua, karena paling pertama berdiri di area kampus STEKPI.
Sejalan dengan berkembangnya STEKPI menjadi Universitas Trilogi, maka pada tanggal 08 Maret 2013, HP STEKPI berkembang pula menjadi MAPALA Universitas Trilogi (HP Trilogi). Surat Keputusan Wakil Rektor Universitas Trilogi no:04/wa-Rek/KPTS/III/2013.


2. Penerimaan Anggota Baru anggota baru :

HP melakukan penyaringan melalui pendidikan dasar dan beberapa perjalanan 4 divisi (jeram, panjat tebing, selusur goa, dan gunung&hutan). Setelah perjalanan 4 divisi, selanjutnya adalah spesialisasi 1 divisi yang telah dipilih. Dan diakhiri dengan pelantikan calon anggota pada Route Sulit Gunung Pangrango. HP bekerjasama dengan organisasi pencinta alam lain yang sudah besar, sehingga menghasilkan pendidikan dasar yang lebih bermutu, diharapkan anggota yang dihasilkan menjadi baik. Tanpa anggota yang menguasai, tentu sangat riskan untuk melakukan kegiatan, karena organisasi ini bergerak di bidang olahraga ,yang beresiko tinggi, selain hal tersebut dilakukan agar HP mampu lebih cepat berkembang.

3. Pendivisian

a. Divisi Gunung Hutan
Gunung Hutan Harsha Pratala telah mencapai Seven Summit Indonesia, dan Seven Summit Dunia, walaupun belum keseluruhan. Untuk Dunia sudah dicapai dua summit yaitu Gunung Cartenz 2005 dan 2006, pada 2006 kami bersama SCTV. Untuk summit Indonesia yang /belum dijelajahin hanya bagian Sulawesi dan Kalimantan. Selebihnya untuk Jawa Sumatera Bali Irian Jaya(Papua)
Untuk Prestasi Ekspedisi TIM Putri HP telah menggapai puncak Gunung Celebes, Gunung Kinabalu (Malaysia)



b. Divisi Jeram
“Satu ilmu bertambah dengan keyakinan yang sebenar benarnya selalin melihat, mengetahui , mencoba, merasakan, timbul di pemikiran (betapa berthekniknya para skipper yang ada di perusahaan operator-operator jeram) butuh waktu dan jam terbang yang tinggi untuk mengetahui tekhnik pengaruman”
Harsha Pratala telah mengarungi beberapa sungai di daerah Jawa Barat yang dijadikan sebagai tempat kegiatan operasional. Sedangkan untuk kegiatan individual rafting HP telah mengarungi bagian Jawa Barat dan Jawa Tengah.

c. Caving
Caving adalah Penelusuran goa beserta isinya, yang dilihat adalah bagaimana cara untuk dapat saling mengerti, berbagi, percaya, bekerjasama, tidak ada yang egois, dan teramat indah untuk selalu dikenang. Untuk HP sendiri sampai saat ini tak terhitung Goa-Goa yang telah diteusuri, diantaranya :
Goa Asem, Goa Domba, Goa Kraton, Goa Cikarae, Goa Cikenceng (Daerah tajur, Jawa Barat) Goa Gudawang, (Bogor) Goa Bayah (Pelabuhan Ratu)

d. Rock Climbing
Merupakan kegiatan panjat tebing yang juga bagian dari divisi di HP, tebing yang dijejakan dengan peralatan yang safety, seperti Tali Statis, Tali Dinamis, Prusik, Webbing, dan lain sebagainnya yang sudah menjadi standart rock climbing, hingga HP pun telah membuktikan dengan penjejakan panjat tebing Citatah setinggi 125 yang ditaklukan oleh putri HP. Tebing yang telah dijejakkan oleh anggota HP sejauh ini diantaranya Tebing Ciampea, Tapanunggal, Citatah, Pulau Londong (Sumatera), Siung (Jogja, Gunung Kidul), dan Tebing Parang (Lembah Harau, Sumatera)

4. Event-Event

Event atau kegiatan besar yang diselenggarakan HP tildak jauh dari divisi-divisi yang ada di HP itu sendiri, ataupun yang bersangkutan dengan kegiatan pecinta alam, seperti :
Baru-baru ini kami menyelenggarakan Fun Rafting, selanjutnya Lomba Panjat Tebing, seminar sehari SAR gunung hutan HARSHA PRATALA, seminar hari memperingati hari bumi HARSHA PRATALA dan UNESCO.

Saat ini bangsa Indonesia sangat membutuhkan generasi muda yang akan semakin mejadi bijaksana dan menyadari arti penting nature yang mendukung kehidupan alam semesta ini. Hal ini dapat ditumbuhkan dari kegiatan yang dilakukan Harsha Pratala Universitas Trilogi. Ada mimpi yang ditanamkan, ada nilai yang di semai, dan ada kebersamaan yang dibangun, kesemuanya ini akan menjadikan generasi HP yang tangguh kuat dan bijak serta bersahabat dengan siapa saja.


SEKIAN
TERIMAKASIH
SALAM HARSHA PRATALA 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENELUSURI PERUT BUMI, GOA CIKENCENG (Divisi Caving)

PEMUDA PEDULI LINGKUNGAN

Spesialisasi Penelusuran Gua (Caving) Anggota Muda Harsha Pratala Angkatan 28