Spesialisasi Penelusuran Gua (Caving) Anggota Muda Harsha Pratala Angkatan 28

1.      Spesialisasi 1 Penelusuran Gua
kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, 29-30 April 2017, berlokasi di gua Ciasem dan gua Cidomba, Desa Leuwikaret, Kec. Klapanunggal, Bogor. Anggota yang ikut dalam kegiatan ini yaitu:
-          Rendy Ray Kusfadilah           (HP-088)
-          Fajrizal Akbar                         (HP-128)
-          Munawaroh                             (HP-138)
-          Annisa Kartika                        (HP-140)
-          Astien Anneke Pellokila         (AM-005)

Setiap aktivitas penelusuran gua, tidak lepas dari keadaan gelap total, dimana keadaan seperti ini yang menjadi daya tarik bagi seorang caver (sebutan untuk seorang penelusur gua). Petualangan di lorong gelap bawah tanah menghasilkan pengalaman tersendiri. Perasaan ingin tahu yang besar bercampur dengan perasaan cemas karena gelap total. Keingintahuan yang timbul, kemudian berkembang menjadi pengetahuan tentang gua dan aspeknya, termasuk misteri yang dikandungnya. Maka dikenal istilah “speleologi”. Ruang lingkup ilmu pengetahuan ini tidak hanya keadaan fisik alamiahnya saja, tetapi juga potensinya meliputi segi terbentuknya gua, bahan tambang, tata lingkungan, geologi gua, dan segi-segi alamiah lainnya.
Gua dapat dibagi menjadi dua macam karakteristik yaitu gua vertical dan gua horizontal. Dalam spesialisasi Penelusuran Gua ini, kegiatan dilakukan di gua vertical. Oleh sebab itu, sebelum berangkat ke lapangan, peserta mempelajari hal-hal berikut:
1.    peralatan yang digunakan
2.    simpul-simpul tali yang digunakan
3.    Teknik membuat anchor
4.    Teknik satu tali (Single Rope Technique)
a.     Ascending (naik dengan satu tali)
b.    Descending (turun dengan satu tali)
Pada tahap spesialisasi 1 ini, peserta menerapkan materi-materi tersebut di gua yang sesungguhnya. Peserta melakukan variasi lintasan rigging dengan membentuk Y anchor pada kedua gua tersebut karena memiliki kemungkinan besar terjadinya friksi.
2.      Spesialisasi 2 Penelusuran Gua
Kegiatan lanjutan dari spesialisasi 1 ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 Mei 2017, yang berlokasi di gua Ciduren, Desa Leuwikaret, Kec. Klapanunggal, Bogor. Anggota yang ikut dalam kegiatan ini yaitu:
-          Munawaroh                             (HP-138)
-          Annisa Kartika                        (HP-140)
       Astin Anneke Pellokila           (AM-005)
Pada spesialisasi 2 ini, peserta berlatih menerapkan variasi lintasan rigging dengan waktu yang telah ditentukan agar peserta dapat berpikir dan bergerak lebih cepat. Kemudian, peserta pun berhasil memasang variasi lintasan bentuk Y anchor dalam waktu kurang lebih 1,5 jam dan melakukan SRT.

Karena hanya bertiga berada hampir di tengah hutan, juga mengingat waktu yang sudah gelap (sekitar jam 6 sore) dan terkendala headlamp yang berfungsi dengan baik hanya tinggal 1 pcs saja, maka peserta yang turun hanya AM-005. Peserta tersebut berhasil melakukan SRT dengan baik dan penuh semangat walaupun ia sedikit kecewa karena melakukan penelusuran didalam gua hanya beberapa menit saja.
demikian cerita dan ilmu yang dapat kami bagikan. semoga bermanfaat..
VIVA HP!


di mulut gua Ciasem
di mulut gua Cidomba
di mulut gua Ciduren

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENELUSURI PERUT BUMI, GOA CIKENCENG (Divisi Caving)

PEMUDA PEDULI LINGKUNGAN