Save The World By Your Hands



 Teks: HP-118 | Foto: Dok. Harsha Pratala


Senin 28 Oktober 2013, Universitas Trilogi Menyambut Hari Sumpah Pemuda dengan melakukan serangkaian kegiatan acara yang ber-tema “Pemuda Peduli Lingkungan” (Save The World By Your Hands). Serangkaian kegiatan tersebut meliputi upacara sumpah pemuda, pembuatan lubang biopori dan penanaman pohon. Kegiatan ini berlangsung di sekitar lingkungan kampus Universitas Trilogi. 



Dihadiri oleh perwakilan pelajar serta guru dari SMA/SMK di Jakarta, civitas Akademika Universitas Trilogi,  masyarakat sekitar kampus, pedagang Pusat Jajanan Pancoran (PJP), KNPI, dan Pramuka. Kegiatan ini berlangsung sampai pukul 11.00 siang, diselingi dengan coffee break dengan hidangan bajigur dan buah-buahan..



Gerakan “Pemuda Peduli Lingkungan” ini sebagai salah satu upaya menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan. Kepedulian ini dibangun sebagai motivasi untuk menyelamatkan lingkungan dari ancaman bencana maupun kepunahan. Dalam acara ini juga kita dapat belajar langsung bagaimana cara membuat Lobang Resapan Biopori (LRB) dari penemu/penggagasnya yang hadir di tengah acara yaitu Bapak  Ir. Kamir R. Brata, M.Sc.



Dalam sambutannya, Ir. Kamir R. Brata, M.Sc mengatakan bahwa publikasi cara pembuatan LRB banyak mengalami kekeliruan, salah satunya adalah pembuatan LRB yang memakai paralon didalam tanah. Hal ini menyebabkan makhluk-makhluk tanah tidak dapat masuk mengurai sampah organic yang ada didalamnya, karena terhalang oleh paralon tersebut. Seharusnya dalam pembuatan LRB, tidak perlu memakai paralon, dan hanya atapnya yang diperkuat oleh semen, agar bentuk lubang tetap terjaga.



Dengan acara sumpah pemuda ini, semoga kita termotivasi untuk tetap memperhatikan kelestarian lingkungan ditengah-tengah pembangunan kota yang pesat. Tidak hanya mengeluh tanpa melakukan sesuatu ketika bencana telah terjadi karena kurangnya perhatian terhadap lingkungan ini. 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENELUSURI PERUT BUMI, GOA CIKENCENG (Divisi Caving)

PEMUDA PEDULI LINGKUNGAN

Spesialisasi Penelusuran Gua (Caving) Anggota Muda Harsha Pratala Angkatan 28