Diklat 2 Divisi Rafting Calon Anggota Harsha Pratala Angkatan XXVIII (28)



Jumat, 13 Januari 2017, semua calon anggota mulai packing perlengkapan untuk kegiatan perjalanan Diklat 2 (divisi Rafting) agar lebih efisien waktu ketika hendak berangkat pada hari sabtu esoknya.
Sabtu, 14 Januari 2017 seluruh peserta dan tim pendamping berangkat menuju basecamp di Cianten pada pukul 12.05 WIB dengan transportasi kereta commuter line stasiun Kalibata hingga stasiun Bogor dan dilanjutkan dengan naik angkot sampai basecamp. Pukul 17.00 WIB peserta tiba di basecamp dan membuat bivak buatan dengan menyambungkan ponco. Karena peserta tidak ada yang membawa golok untuk memotong rumput di tempat yang akan dibuat bivak, maka peserta dikenakan sanksi karena meminjam golok kepada tim pendamping. Hal itu dilakukan guna diperjalanan selanjutnya peserta lebih memperhatikan perlengkapan kelompok yang harus dibawa.
Peserta berbagi tugas untuk memasak makan malam, memotong rumput, dan membuat bivak. Saat makan malam, peserta terlihat tetap semangat dan sangat menikmati makanannya dengan makan bersama beralaskan daun pisang diatas tanah.
Kemudian pada pukul 20.00 WIB peserta mendapatkan materi mengenai alat-alat rafting dan teknik-teknik dalam rafting. Dilanjutkan dengan evaluasi peserta serta berbagi info tentang penyakit yang dialami dan hal yang ditakuti oleh masing-masing peserta. Setelah itu peserta istirahat untuk persiapan kegiatan dihari berikutnya mulai pukul 06.30 WIB.
Minggu, 15 Januari 2017, pukul 04.00 WIB peserta telah bangun untuk sholat subuh dan mulai memasak sarapan. Pukul 06.30 WIB kegiatan dimulai dengan mengempeskan perahu karet untuk nanti dibawa ke tempat awal pengarungan. Setelah itu, peserta memompa perahu karet lainnya dan portaging (membawa perahu karet) ke lokasi sungai dekat basecamp. Peserta diwajibkan memakai life jacket, helm, dan dayung untuk berlatih mendayung perahu, naik perahu dari dalam air, menolong orang dengan mengangkatnya ke atas perahu, dan membalikkan perahu.
Selesai materi tersebut, peserta mengembalikan perahu dan berangkat menuju tempat awal pengarungan menggunakan mobil pick up yang ditempuh dalam waktu 1 jam. Setibanya di lokasi, peserta memompa perahu karet yang telah dibawa dan berdoa bersama sebelum melakukan pengarungan.
Setelah melakukan pengarungan dan menepi sejenak untuk istirahat makan perbekalan yang dibawa, peserta belajar berenang didalam arus deras dan menerapkan materi defensive jika sedang hanyut serta materi offensive untuk mencapai ketepian sungai. Kemudian pengarungan pun dilanjutkan hingga tempat akhir pengarungan dekat basecamp.
Setelah menepi, peserta melakukan beberapa evaluasi dan mengembalikan perahu karet ke gudang alat rafting. Peserta kembali ke bivak dan memasak sisa perbekalan yang dibawa. Sambil menunggu, peserta bergantian untuk mandi dan packing alat-alat pribadi. Setelah “makan besar” tersebut, peserta membongkar bivak dan siap untuk pulang.
Perjalanan pulang pun tidak berjalan begitu nyaman karena hujan, angkot yang ditumpangi mengalami kerusakan mesin sehingga harus berganti angkot sehingga baru sampai di stasiun Bogor pada pukul 17.20 WIB, mengantri panjang untuk memesan tiket kereta commuter line menuju stasiun Kalibata, dan memanjat pagar di kampus agar dapat masuk ke secretariat Harsha Pratala.
Akhir kegiatan Diklat 2 ditutup dengan evaluasi peserta beserta tim pendamping dari awal keberangkatan hingga sampai kembali ke secretariat Harsha Pratala.
keseruan saat pengarungan

kerjasama mendirikan bivak buatan

peserta menikmati makan malam bersama

pembekalan materi 1

pembekalan materi 2



teknik membalikkan perahu

teknik berenang defensive



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENELUSURI PERUT BUMI, GOA CIKENCENG (Divisi Caving)

PEMUDA PEDULI LINGKUNGAN

Spesialisasi Penelusuran Gua (Caving) Anggota Muda Harsha Pratala Angkatan 28