HARSHA PRATALA STEKPI













           Harsha Pratala (biasa disingkat HP) tadinya berawal dari sekelompok mahasiswa yang gemar berjalan-jalan di alam bebas. Mereka rutin mengadakan perjalanan & pendakian gunung, Setelah sekian lama berkumpul mereka kemudian berfikir untuk menciptakan sebuah wadah. Wadah untuk menyatukan pikiran sekaligus hobi yang sama. Maka pada tanggal 8 agustus 1989, bertempat di kaldera Bromo berdirilah "Harsha Pratala".Harsha Pratala yang mempunyai arti "Cinta bumi beserta isinya"
              
           HP segera menjadi unit kegiatan mahasiswa tertua, karena paling pertama berdiri. Hadir pada saat pendiriannya antara lain Titus Hg Pramono (mantan ketua Mapala UI). Hal ini menunjukan organisasi ini memiliki aspirasi yang kuat dikalangan mahasiswa Keuangan dan Perbankan itu.
             
            2 thn setelah didirikan, anggotanya bertambah 2x lipat. HP memiliki anggota yang qualified "biar dikit tapi solid". Untuk menerima anggota, HP melakukan penyaringan melalui pendidikan dasar & beberapa perjalanan, yg diakhiri pelantikan calon pd rute sulit. Rute sulit, yaitu buka jalur menuju puncak gunung Pangrango. Untuk pendidikan dasar, HP bekerja sama dengan organisasi pecinta alam yang sudah besar & berpengalaman, sehingga pendidikan dasar lebih bermutu. Dengan pendidikan dasar yang bermutu, diharapkan anggota yang dihasilkan menjadi baik. Agar HP mampu lebih cepat berkembang.




         Walau HP relatif baru didirikan banyak sudah daerah yang dijelajahi. Antara lain Jambi, Jabar, Jateng, Jatim, Bali, NTT, dan NTB. Penjelajahan hutan antara lain di Taman bukit Barisan Selatan dan Ujung Kulon, serta arum jeram di beberapa sungai di Jawa Barat. Prestasi ini bukan hal yang terlalu mudah dicapai dalam waktu singkat. Tetapi itulah, biar kecil tapi solid. Fokus utama yg pada mulanya hanya pendakian gunung kini diperluas ke cabang-cabang olahraga petualangan alam bebas lainnya
Yang mendapat penekanan untuk dikembangkan adalah arum jeram, panjat tebing, caving, dan gunung hutan, Konsekuen dgn arti nama Harsha Pratala sendiri Untuk itu dalam jangka panjang HP berusaha memberikan sumbangan kepada Ibu Pertiwi dalam olahraga petualangan alam bebas.

Arum Jeram

Penjelajahan Goa
Panjat Tebing
Gunung Hutan

SALAM LESTARI......

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENELUSURI PERUT BUMI, GOA CIKENCENG (Divisi Caving)

PEMUDA PEDULI LINGKUNGAN

Spesialisasi Penelusuran Gua (Caving) Anggota Muda Harsha Pratala Angkatan 28