Kiriman Cerita Calon Anggota HARSHA PRATALA Aangkatan 24

Menjalin Kebersamaan diawal Perkenalan Anggota
HARSHA PRATALA dengan Calon Anggota 2012

Sabtu, 22 September 2012

Yeaaaaay akhirnya hari yang ditunggu-tunggu datang juga, camping ceria bersama UKM Harsha Pratala STEKPI ke kaki Gunung Salak, tepatnya diCidahu. Pertama kali yang terbayang diotak tuh yang namanya camping itu seru, bisa bebas main dialam. Tapi camping yang ini beda (apalagi ini ke GUNUNG SALAK)  bawaannya udah parno duluan, yaa tau sendiri laah beberapa bulan yang lalu habis ada pesawat yang jatuh disana. Dan lagipula yang namanya GUNUNG SALAK udah terkenal banget mistisnya. Eeeeh jadi ngelantur kesana kemari gini, lanjut ke topik.......!!
Jadi, pas hari Sabtu siang kita berencana berangkat jam 1an gitu (iya, janjiannya jam 1 tapi.... tau sendiri laah orang Indonesia banyak pake jam karet haha) ga jadi deh tuh berangkat jam 1, sekitar jam 13.30 kita berangkat deh. Dari kampus tercinta STEKPI kita sama-sama berangkat menuju ke terminal Kp. Rambutan, terus naik bus antarkota menuju Sukabumi. Nah di bus ini lebih bikin kita lama lagi diperjalanan, bayangin aja udah hampir satu jam ternyata kita masih dilingkungan terminal ckckckckck.. akhirnya bus pun jalan, ± 5 jam kita sampe di SPBU Cidahu. Kirain udah sampe beneran, ternyata masih harus naik angkutan umum lagi menuju kesana. Setelah melewati jalan yang panjang, berkelok, aspalnya ga rata, bikin perut mual, tumpuk-tumpukan di ankutan umum, sampailah ditempat tujuan (tapi bukan tujuan sebenarnya).
Yaaaaaap petualangan dimulai............
Masih di hari Sabtu, bedanya ini udah jam 7 malam. Kita sama-sama menyusuri jalan setapak yang gelap, lewat persawahan, banyak pohon disekeliling, ada sungainya juga, mata air, parit, dan masih banyak deh yang bisa dilihat disana. Alat penerang jalan kita Cuma senter yang kita bawa. Untungnya diawal kita menyusuri jalan setapak itu masih banyak rumah warga disekitar, jadi belum terlalu gelap. Semakin dalam dan jauh kita jalan semakin ga ada rumah warga lagi, yaa bisa kebayang doong ya udah mulai bener-bener gelap. Penderitaan ditambah dengan turunnya hujan, udah bawa-bawa tas yang gede gitu, mau neduh juga bingung dimana, yang ada cuma pake ponco, aduuuuh udah deh itu ribet beneran. Udah jalan jauh ga sampe-sampe juga, makin malem, gelap, yang ditemuin cuma pos, itupun udah banyak pendaki yang neduh. Karna kita orangnya hebat-hebat, lanjut deh tuh perjalanan meskipun banyak berentinya karna ga kuat (maklum, belum terbiasa hehe). Semakin mendekati tempat kita camping berarti semakin seneng ya, tapi ini ternyata tanjakannya malah makin curam. Yaudah deh coba di nikmatin aja, namanya juga calon anggota Harsha Pratala berarti harus kuat sama hal yang kaya gini, malah ini belum seberapa.
                Alhamdulillah akhirnya kita sampai ditempat kita camping, disana udah banyak senior yang nunggu kita. Udah masukin barang bawaan ke tenda, kita siap-siap masak buat makan malam. Ada yang tugasnya masak, ada juga yang tugasnya ngambil air baut masak. Kelompok A masak spaghetti sama pasta, kelompok B masak nasi ulam, telur goreng, ikan asin dan sambal. Udah selesai masak, pas mau nyantap makanan ternyata malah disuruh tukeran makanan antar kelompok. Kasian kelompok B yang dapet tukeran spaghetti, soalnya tuh rasanya ga enak hahahaha
                Setelah selesain makan, kita semua kumpul sambil bakar api unggun. Mulai dari anggota senior, sampai calon anggota bener-bener ga dibedain. Semua duduk bareng, sharing bareng, ketawa-ketawa bareng, sampai ada yang hampir netesin air mata di sesi sharing. Disini deh mulai muncul rasa kekeluargaannya.
               Karna udah larut malam dan udah pada capek juga, akhirnya kita bubaran deh tuh masuk tenda masing-masing. Berharap bisa tidur nyenyak, tapi alam berkehendak lain. Hujan deras pun mengguyur tenda, semuanya salaing bekerja sama membuat parit disekitar tenda. Maksudnya sih biar tendanyaa ga kebanjiran, tapi ya namanya juga tenda ga seenak dan sekokoh bangunan rumah jadilah tuh tenda bocor dan basah walaupun udah ditutup plastik disekeliling tenda. Pertama kalinya ngerasain tidur basah-basahan, tapi ya ga dirasa kan tujuannya juga cari pengalaman. Walaupun basah-basahan tapi tetep aja bisa tidur nyenyak.

Minggu, 23 September 2012

Nggak terasa udah pagi, saatnya banguuuuuuuuuun!! Masih ada sih beberapa yang masih tidur, tapi sebagian udah memulai aktivitasnya. Ada yang bikin sarapan, bersihin badan sekalian ambil air disungai, dan banyak kegiatan yang dilakukan.

Mulai beranjak siang dan mataharipun sudah semakin tinggi, semua calon anggota udah bangun semua. Kita semua siap-siap memulai aktivitas selanjutnya. Awalnya kita dibawa keliling-keliling dulu nih sama senior-senior, dikasih tau apa yang dimaksud punggung gunung dan apa yang dimaksud lembah. Kemudian kita persiapan untuk games, kita melakukan games dari games yang ngajarin komunikasi jangan hanya dari satu arah sampe games yang ngajarin kita buat selalu saling membantu dan percaya satu sama lain. Udah puas main-main dilumpur, sepatu isinya air bercampur lumpur, badan udah kotor semua, saatnya bersihin badan. Ga tanggung-tanggung bersihin badan yang super duper dekil ini, bukan dikamar mandi ataupun sejenisnya tapi langsung di curug (air terjun) dan ini seruuuuu pake banget. Udah selesai, kita balik lagi ke tempat kita camping.

Setelah sampai ditempat camping, ternyata kakak-kakak senior lagi masak buat makan siang semua. Kakaknya baik-baik looh, itu buktinya mau masakin buat kita juga sekalian. Kita makan siang bareng, ini muncul deh kebersamaannya, makannya bukan beralaskna piring tapi pake daun pisang yang ditumpuk dan dubuat memanjang terus baru deh diatasnya di taruh nasi beserta lauk pauknya. Ini nih yang ga bsia kita temuin dikota suasana yang kaya gini ini, pasti kalo dikota gengsi.

Ada awalan pasti ada akhiran, akhirnya kita harus pulang kembali ke Jakarta. Persiapan turun, terus harus naik angkot lagi sampai ke SPBU Cidahu. Tapi disini ga mengenakan, kita ga dapet bus buat balik ke Jakarta. Setelah putar otak, akhirnya sang badik dan ketua Harsha Pratala memutuskan kita pulang naik kereta. Dari SPBU Cidahu kita sewa angkot sampai ke stasiun Bogor, sepanjang perjalanan itu ada 1 calon anggota HP yang bawelnya ga nahan, bayangin aja dari mulai turun Cidahu sampai ke stasiun Bogor dia ga berhenti ngomong sampe bikin pusing orang yang dengerinnya. Tapi ada hikmahnya sih, kalo dia ga bawel pasti sepanjang perjalanan lebih bt lagi ga ada hiburan hahaha. Sekitar jam 7 malam kita sudah sampai lagi di Jakarta, kumpul lagi di sekretarian Harsha Pratala. Setelah evaluasi, barulah kita pulang kerumah masing-masing.
                Ternyata, jauh dari apa yang dibayangkan sebelumnya, camping itu menyenangkan. Bahkan rasanya camping cuma sehari itu kurang memuaskan. Banyak banget pelajaran yang bisa kita ambil pada saat camping, ga cuma tau tentang alam aja. Tapi kita juga bisa tau tentang sifat kita yang sebenarnya dan sifat teman-teman kita. Kita juga belajar bekerja sama, saling membantu, belajar hidup mandiri, belajar memahami orang lain dan masih banyak lagi pelajaran berharga lain yang ga kita dapat dibangku pendidikan formal.

Terima kasih Harsha Pratala, terima kasih kakak-kakak senior yang selalu membimbing kita. Semoga HP angkatan ke-24 selalu kompak kedepannya.