25 TAHUN HARSHA PRATALA, SAMBUTAN







Harsha Pratala1989 - 2014Cerita Kami, Kita & Kalian, 25 Tahun Harsha Pratala














Cerita Kami, Kita & Kalian25 Tahun Harsha Pratala1989 - 2014





DITERBITKAN OLEHBADAN PENGURUS UKM HARSHA PRATALA








Cerita Kami, Kita & Kalian, 25 tahun Harsha Pratala
Kutipan : Cerita Kami, Kita & Kalian, 25 tahun Harsha Pratala,
Badan Pengurus UKM Harsha Pratala 2013- 2014

Penyusun : 
Beni Alam Udi (HP-002)
Erry M. Subhan (HP-003)
Lomi Hija (HP-007)
Triwahyudi Sukadis (HP-005)
Ursula Ginny (HP-008)
Yopie Andromeda (HP-017)
Ibroohiem (HP-040)
Audi Ikhsan (HP-052)
Dimas Ario Wibowo (HP-054)
Dion Novianto (HP-057)
Vicky Hanggara (HP-106)
Ikrom Fajar Ilahi (HP-107)
Sumayyah Azzahra (HP- 111 )







BADAN PENGURUS
HARSHA PRATALA
Gedung PKM Besar Universitas Trilogi
Jl. Taman Makam Pahlawan Kalibata
Jakarta 12250, Indonesia






SAMBUTAN REKTOR TRILOGI

Pertama-tama saya atas nama seluruh keluarga besar civitas akademika Universitas Trilogi mengucapkan ulang tahun yang ke 25 bagi Harsha Pratala (HP). Di usia yang cukup matang untuk sebuah organisasi mahasiswa, tentunya HP sudah mampu menjadi organisasi teladan bagi lembaga mahasiswa intra Universitas, khusus nya di Universitas Trilogi. Teladan dalam memantapkan visi, misi, dan program-program kegiatan.

Sesuai dengan namanya, HP, yakni mencintai bumi beserta segala isinya, saya berharap kegiatan HP dapat diperluas tidak saja berupa mendaki gunung, arum jeram, panjat tebing dan goa. Tetapi dapat mencakup juga wilayah pesisir, laut, dan pantai. Kegiatannya juga melibatkan aspek sosial, ekonomi, dan budaya di tempat-tempat yang dikunjungi. Bila kita tengok saudara-saudara kita di wilayah pegunungan dan pesisir itu selalu termarjinalkan oleh arus perubahan peradaban yang cenderung ke kota. Padahal di wilayah itu sebenarnya ada sumber ekonomi yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan negara. Karena wilayah itu sangat kaya dengan sumberdaya alam ( SDA). Tentunya kekayaan SDA itu harus dikelola secara bijak. Di sinilah anggota HP dan alumninya dapat berperan, bagaimana membangun tanpa merusak. Sesuai dengan karakteristik HP, kegiatan dapat dilaksanakan sambil rekreasi, seperti yang dilakukan oleh para Srikandi ketika mendaki gunung-gunung di Sumatra sambil aksi bersih-bersih dengan siswa-siswi SMA sekitar pada akhir Maret 2014.

Saya merasa yakin bahwa HP dapat mencintai bumi beserta isinya baik di dalam atau pun luar kampus. Banyak upaya yang bisa dilakukan untuk kelestarian dan kebersihan di dalam kampus, seperti kerja bakti semesteran, penanaman dan pemeliharaan pohon, pembuatan lubang resapan biopori, penyediaan tempat sampah plastik dan non plastik, penyediaan botol (permanen) minuman pengganti cangkir plastik, dan berbagai upaya cinta lingkungan. HP dapat menjadi teladan kebersihan kampus.

Kepada rekan-rekan alumni HP, saya ucapkan terima kasih atas kesungguhan Anda semua untuk terus membina silaturahmi dengan HP khususnya dan Universitas umumnya. Model ini sangat baik dan perlu dicontoh. Untuk itu sampai kapanpun, hubungan ini jangan sampai putus. Selamat ulang tahun yang ke 25 (ulang tahun perak) dan semoga semakin Jaya.Kepada para pendiri HP 25 tahun yang lalu saya ucapkan terima kasih. Kepada anggota baru, jangan lupakan para senior dan sejarah HP.


Kampus Trilogi, 8 Mei 2014
Rektor,
Prof. Dr. Asep Saefuddin, M.Sc.






SAMBUTAN KETUA BADAN PENGURUS HARSHA PRATALA


Salam HP !

Tidak terasa sekarang Harsha Pratala sudah berusia 25 tahun menjalani hidupnya, mulai dari lahir, tumbuh, dan berkembang pada saat ini. Harsha Pratala telah menjadi organisasi yang mewadahi anggotanya untuk bergiat di alam bebas maupun kecintaannya pada alam dan lingkungan. Tidak hanya sekedar bergiat di alam bebas, tetapi juga Harsha Pratala memberikan keluarga baru bagi setiap anggota - anggotanya.


8 Agustus 1989 adalah sejarah terbentuknya Harsha Pratala, perjalanan panjang yang tidaklah mudah untuk dijalankan, tetapi masih eksis dan bertahan sebagai organisasi yang tidak pernah padam dengan banyak cerita, kisah suka dan duka yang saya yakin pasti mengisi di setiap anggotanya dan Harsha Pratala.

Selamat atas terbitnya buku 25 tahun Harsha Pratala, selamat kepada tim redaksi, atas perjuangannya untuk menyusun cerita 25 tahun Harsha Pratala dan kemudian diterbitkannya buku ini.

Saya berharap buku 25 tahun Harsha Pratala dapat menjadi salah satu alat untuk mengenal sejarah Harsha Pratala melalui kisah - kisah yang ditulis dalam buku ini dan juga saya berharap buku ini bisa menjadi pembakar semangat anggota – anggotanya untuk terus berkarya dan berkreasi di kegiatan alam bebas.

Selamat 25 tahun untuk organisasi kita yang tercinta HARSHA PRATALA !!!
Viva HP!!!


- Vicky Hanggara, HP-106 -
Ketua Badan Pengurus Harian Harsha Pratala
Periode 2013-2014




P R O L O G

Dalam pergaulan sehari-hari kita mengenal sebuah ungkapan peribahasa yang menyatakan bahwa manusia merencanakan akan tetapi Tuhan yang menentukan. Kebenaran peribahasa ini berlaku juga bagi mereka yang memiliki rencana untuk mengisi beberapa kegiatan pada tanggal 8 Agustus 2014. Pada hari itu beberapa Harsha Pratala telah genap berusia dua puluh lima tahun. Sebuah momen istimewa bagi anggota untuk tetap semangat bergiat di alam bebas. Wajar kita anggotanya mengungkapkan kasih, atensi dan apresiasi untuk mengisi hari kebahagiaan itu. Salah satunya adalah dengan membuat buku yang berjudul “Cerita Kami, Kita dan kalian.”

Melalui buku ini, kita diajak untuk mengenang serta merefleksikan berbagai kisah peristiwa perjalanan hidup yang dilakukan anggota ketika mencoba menyentuh dan bersahabat dengan alam. Sebuah perjalanan panjang yang sebenarnya di warnai oleh pengalaman hidup pribadi. Tetapi karena cerita dalam buku ini merupakan pengalaman pribadi, dengan sendirinya orang lain belum tentu menjadi tertarik. Inilah apa yang dinamakan kebodohan manusia yang tidak mampu menarik pelajaran dari pengalaman itu menjadi sesuatu yang bersifat umum dan berlaku bagi semua orang.

Untuk menggali “semangat warisan” para perintis dan pendiri, kita akan selalu diingatkan untuk tidak boleh melupakan para senior dan sejarah Harsha Pratala. Semangat ini dapat diimplementasikan dengan tetap memelihara tali silaturahm, sikap saling menghargai serta berupaya menekan kepentingan pribadi demi kepentingan banyak orang (prinsip hidup gotong-royong). Kesadaran bahwa alam beserta isinya berjalan sesuai dengan hukum sendiri, sedangkan manusia tanpa alam bukan apa-apa, menuntut konsekuensi kita untuk mencintainya. Mencintai dapat dimulai dengan diri sendiri, kemudian mencoba menyentuhnya hingga pada akhirnya bersahabat dengan alam. Hikmah pelajaran nilai-nilai tersebut dapat kita temukan pada Bagian Pertama buku ini. 

Membuat ide-ide besar dan komitmen bersama dalam suatu sistem yang nyata, terstruktur serta praktis pengelolaan manajemen organisasi Harsha Pratala merupakan tugas utama para anggota yang memilih panggilan hidupnya dalam bergiat di alam bebas, dapat kita temukan pada bagian Kedua buku ini.

Selanjutnya pada bagian ketiga, kita akan diajak ke masa lalu, bernostalgia pada suka dan duka dan masa kini yang semuanya dilandasi semangat dan visi kongkrit dalam rangka mempersiapkan serta membangun Harsha Pratala ke arah yang lebih baik dan mengisinya dengan hal-hal yang lebih berarti.

Mungkin saja, ada beberapa kisah cerita yang lepas-lapas tidak terkait langsung dengan kisah cerita yang utama dalam buku ini. Untuk itulah kami akhiri kumpulan “Cerita kami, Kita dan kalian”. Dengan catatan berupa epilog. 

Dalam ketergesaan karena dikejar Date Line serta minimnya data dan dokumen yang ada, dalam rangka memperingati dua puluh lima tahun Harsha Pratala, buku ini diterbitkan. Sekiranya ada kata-kata atau beberapa buah pikiran yang kurang tepat penempatannya, yang dirasa cukup menggangu pembaca, penyusun akan sangat berterima kasih atas sumbangan kritik dan saran perbaikannya. Sambungan cerita ini menjadi tanggung jawab kita yang masih dibumi yang fana ini.

- Beny Alam Udi, HP-002 -























Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENELUSURI PERUT BUMI, GOA CIKENCENG (Divisi Caving)

PEMUDA PEDULI LINGKUNGAN

Spesialisasi Penelusuran Gua (Caving) Anggota Muda Harsha Pratala Angkatan 28