NAVIGASI DARAT DI TELAGA WARNA (Divisi Mountaineering)

Teks: HP-118 | Dok: Vegetasi Vol.5


Telaga warna, puncak bogor adalah salah satu tempat yang baik untuk berlatih navigasi darat, dengan medan yang didominasi luas perkebunan teh berbukit-bukit. Kawasan tersebut juga terdapat gunung-gunung yang berdiri tegak menjulang yaitu Gunung Kencana dan Gunung Luhur.

Desember 2013, diadakan Pradiklat divisi Gunung&Hutan  Harsha Pratala. Calon Anggota Harsha Pratala berkesempatan mengaplikasikan materi kelas yang telah di ajarkan sebelumnya. Persiapan dimulai dengan membuat Set menu makanan. Makanan yang cukup untuk beraktivitas di alam bebas dan tidak melupakan kandungan-kandungan gizi dalam makanan. Menyusun ROP (Rencana Operasioanal Perjalanan) dari berangkat hingga kembali ke sekretariat dengan memperkirakan dan memaksimalkan setiap waktu-waktu yang digunakan. Berlindung dengan bivak, mulai dari bivak alam dan bivak ponco serta survival ( mempersiapkan diri atas kejadian-kejadian yang tidak di inginkan di hutan).



Navigasi darat adalah ilmu yang mempelajari cara menentukan suatu tempat, posisi atau kedudukan dan arah lintasan perjalanan secara tepat, dengan kata lain navigasi darat ialah suatu kegiatan mengontrol arah perjalanan, baik di peta maupun di medan sebenarnya, baik keadaan permukaan serta bentang alam dari bumi dengan bantuan minimal peta dan kompas. Dua hari di kawasan telaga warna di gunakan para calon anggota untuk navigasi darat, memanfaatkan titik-titik ketinggian di kawasan tersebut. Cuaca cerah memudahkan  para calon anggota untuk melakukan resection (menentukan posisi kita pada peta) dan intersection (menentukan posisi orang lain/tempat lain) dengan menggunakan peta, kompas, altimeter, alat tulis. Mereka melakukan orientasi medan, memperhatikan detail kontur yang telah di lewati dan medan-medan lain berupa titik-titik ekstream yang terlihat.



Mungkin bagi sebagian orang Navigasi darat dianggap sulit dan rumit, namun  navigasi darat adalah hal penting untuk di pahami. Kemampuan  membaca dan memahami peta, alat navigasi untuk menentukan posisi serta menganalisa dan memberikan asumsi awal tehadap medan yang dilalui merupakan salah satu dari keahlian dasar yang perlu dimiliki oleh setiap penggiat alam bebas. karena perjalanan selalu di alam, hal penting untuk bisa memahami dan mengerti navigasi darat dan cara mengaplikasikannya. Bekal awal dalam merencanakan dan melakukan kegiatan di alam bebas. Navigasi Darat juga berfungsi dalam usaha pencarian atau penyelamatan korban kecelakaan atau tersesat di hutan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENELUSURI PERUT BUMI, GOA CIKENCENG (Divisi Caving)

PEMUDA PEDULI LINGKUNGAN

Spesialisasi Penelusuran Gua (Caving) Anggota Muda Harsha Pratala Angkatan 28