TIPS DAN TRICK UNTUK MEMPERSIAPKAN PERJALANAN


1.       Pengetahuan akan diri pribadi
·         Mental : kondisikan psikologis diri anda pada keaadaan yang baik. Hindari rasa gelisah, belum dapat izin orang tua, dll.
·         Fisik : Perhatikan kondisi fisik anda. Apabila waktu perjalanan yang direncanakan masih lama, kondisi fisik yang buruk dapat diusahakan untuk ditingkatkan melalui pengobatan atau latihan-latihan jasmani.
·         Materi : Usahakan membawa uang yang cukup untuk mendukung perjalanan, dari rencana perjalanan dapat diketahui perkiraan kebutuhan akan uang yang diperlukan.

2.       Pengetahuan akan medan yang dihadapi
·         Administrasi : setiap wilayah tertentu pasti berada dibawah kekuasaan suatu pihak, misal: Pengelola Derah, Tokoh masyarakat dll. Sangat diperlukan adanya pengetahuan tentang pembuatan surat-surat izin.
·         Lingkungan Budaya : miliki pengetahuan tentang adat istiadat daerah tujuan perjalanan. Agar tidak menyalahi peraturan-peraturan yang berlaku didaerah tujuan.
·         Topografi : pengetahuan akan keadaan alam sangat menentukan persiapan. Misal: daerah yang ingin kita kunjungi adalah Bromo. Maka kita tidak perlu membawa jas hujan untuk menghadapi hujan. Tetapi yang kita bawa adalah payung,, karena payung berfungsi ganda, pada siang hari dapat menahan terik matahari dan berguna pada waktu hujan.

3.       Rencana
·         Tujuan : tujuan disini menyatakan tempat yang ingin dituju. Jadi dalam tujuan mencakup dari: kemana dan dengan siapa kesana? Menetap atau berpindah-pindah?
·         Waktu : kapan akan berangkat dan berapa lama perjalanan tersebut dilakukan.
·         Kegiatan Perjalanan : rencanakan apa saja yang akan dilakukan selama dalam perjalanan mencapai tujuan, ditempat tujuan, dan diperjalanan pulang
·         Dengan siapa melakukan perjalanan : selama perjalanan pasti kita mempunyai teman, berupa rombongan atau membawa MP3 (untuk hiburan jika perjalanan dilakukan sendiri). Fungsi teman adalah sebagai pengusir rasa sepi, bosan, dan sebagai tempat untuk meminta pendapat.

4.       Perlengkapan perjalanan
·         Bawalah perlengkapan yang tepat untuk medan yang akan dihadapi.
·         Perlengkapan sesedikit mungkin, tetapi selengkap mungkin dan memenuhi segala kebutuhan.

·         Dalam membawa perlengkapan, dikemas serapih dan seringkas mungkin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENELUSURI PERUT BUMI, GOA CIKENCENG (Divisi Caving)

PEMUDA PEDULI LINGKUNGAN

Spesialisasi Penelusuran Gua (Caving) Anggota Muda Harsha Pratala Angkatan 28